SELAMAT DATANG DI YAYASAN PENCAK MACAN GRESIK

Selasa, 25 Maret 2014

Pencak Macan Tempo Doeloe

Bagaimana bentuk daripada pencak macan zaman dahulu?

Menurut cerita, berbeda jauh dengan sekarang ini, kalau dulu pernah ada tokoh pendukung seperti, kuntilanak sebagai hantu, pendekar dengan kostum tarzan, juga ada tokoh naga yang biasanya di jaranan.

Hal itu dikarenakan pada masa itu sedang terkenalnya film Tarzan dan film horor, Jadi Kuntilanak dan Tarzan merupakan tokoh tambahan dimana Tarzan mewakili dari Pendekar dan Kuntilanak mewakili dari para Mahluk Halus.
Pencak Macan tahun 1992an

Bukan itu saja, tapi juga dari arasemen musik menggunakan rebana hadrah, kendang, dan bedug jidor, bukan seperti saat ini dengan system kerawitan seperti pengadaan gong, kenong dan gambang yang terbuat dari logam.
Begitu juga dengan Kostum, Apabila dulu selalu berbau islami seperti penggunaan sarung dan peci. dan pada sekarang ini seperti jagoan pendekar. Dan pada dulu juga ada payung kemanten dengan lampu menarik yang berputar-puta..
Perbedaan yang kontras ini sangat memberi warna pertumbuhan pada pencak macan.

* foto diambil di madiun pada tahun1992 dalam pekan budaya, diambil oleh Andy Buchory dan diabadikan sebagai sampul majalah Warta Giri Gresik tahun 2000

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tambahkan komentar anda

artikel