SELAMAT DATANG DI YAYASAN PENCAK MACAN GRESIK

Senin, 23 Maret 2015

Can Macan Kaduk, Macanan Daerah Pendalungan


Sebelumnya manakah daerah Pendalungan itu? Pendalungan merupakan sebuah sebutan untuk daerah dimana daerah tersebut di huni oleh masyarakat yang berketurunan darah Jawa dan Madura. Hal itu dikarenakan pada era Belanda, sekitar puluhan ribu orang madura bermigrasi di daerah tapal kuda.

Tapal Kuda terbentang di kota-kota Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Probolinggo dan Pasuruan. Sehingga Pernikahan antara orang jawa dan madura tidak terhindarkan.
Singo Wulung Bondowoso

Kesenian Can Macan Kaduk ini berasal dari kota Jember, Berbentuk macan yang dilebati bulu-bulu panjang dari Rafia, konon pada era belanda dari karung Goni. Bila anda pernah melihat kesenian Singo Wulung dari Bondowoso tidak jauhlah beda dengan Can Macan Kaduk ini, yang membedakannya hanyalah tokoh dan alur cerita.

Tokoh di dalam kesenian Can Macan Kadhuk:
1. Pendekar Silat
2. Burung Garuda
3. Monyet
4. Macan Kaduk
5. Bujang Ganong
6. Kuda Kepang

 Can Macan Kadhuk kini hanya tinggal beberapa saja dapat dikatakan hampir punah di karenakan kurang pedulinya Pemerintah setempat dan banyaknya kesenian dari luar Jember, seperti Reyog contohnya. Untuk itu harus banyak inovasi terhadap kesenian ini, seperti penambahan tokoh dari kesenian lain seperti Bujang Ganong dari Reyog Ponorogo, Kuda kepang dan epaplok, hingga garuda dari barong kemiren banyuwangi.

Foto-Foto :
Burung Garuda

can macan kaduk berhadapan

kuda kepang beraksi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tambahkan komentar anda

artikel