SELAMAT DATANG DI YAYASAN PENCAK MACAN GRESIK

Selasa, 25 Maret 2014

Macanan Mataraman

Mataraman yang di maksud ini ialah, suatu wilayah di jawa timur yang meliputi: Pacitan, Ngawi, Magetan, Madiun, Ponorogo, Kediri, Nganjuk, Trenggalek, Blitar yang juga memiliki kesenian macanan di sela-sela pementasan jaranan.

Menurut kisah , Macanan atau Macan Gembong merupakan prajurit siluman dari raja Singa barong, dari kerajaan Lodaya (sekarang Blitar) untuk menyerang kerajaan Bantarangin yang dipimpin oleh raja kelanasewandana untuk memprebutkan cinta dari Dewi Sanggalangit yang merupakan puteri dari kerajaan Daha.
macanan Wengker

Alur Pementasan Macanan Wengker :
Dua orang murid yang bersaing untuk menimba ilmu dari seorang warok tua, dalam kehidupan ilmu tertinggi di wajibkan untuk membuat sebuah group barongan. dalam misi yang sama untuk memusnahkan seluruh harimau jawa yang merupakan perubahan alih dari prajurit Lodaya.

Dalam waktu menunggu sang harimau, kedua warok muda ini bertapa di tengah hutan untuk memburu macan gembong. Saat bertapa, kedua warok muda ini di ganggu oleh hewan hutan seperti babi dan kera, juga mahluk halus sejenis jin, tetapi kedua warok muda ini tetap bertapa dan tidak menghiraukannya.

Hingga datanglah harimau yang ditunggu, warok muda diserang oleh macan gembong. meski bermusuhan warok muda lainnya menolong teman seperguruannya dari serangan harimau hingga akhirnya bisa di lumpuhkan. Tetapi, datang satu harimau lagi yang mencoba menolong kawannya, namun sia-sia akhirnya ditangkap juga oleh warok muda ini.

lalu di buatlah kepala barongan yang dilapisi dari macan jawa untuk permainan Reyog. di akhir pertunjukan, warok tua memberi nasihat bahwa pentingnya hidup rukun dan gotong royong untuk melakukan bersama-sama.


Topeng Monyet dan Macanan jombang

Macanan Kediri di tengah-tengah Topeng naga

Topeng monyetan Nganjuk

Topeng Monyetan Kediri

macanan khas Tulungagung, dengan mahkota


macanan tulungagung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tambahkan komentar anda

artikel